Total Tayangan Halaman

Entri Populer

Sabtu, 17 April 2010

BEDAH ARTIKEL

STRATEGI PEMASARAN
PT. CAKRA DAYA MAKMUR



PT. Cakra Daya Makmur adalah sebuah perusahaan kosmetik yang bergerak dibidangkecantikan. Produk-produk yang dihasilkan antara lain:
1. Vienna
2. La Perle
3. Vio
4. XL Professionnel
5. Kisei
6. Felisse
7. Femi X

Seperti perusahaan-perusahaan lainnya, PT Cakra Daya Makmur pun memiliki visi dan misidalam mencapai tujuan perusahaannya.

--Visi PT Cakra Daya Makmur adalah:
"Be one of a leading beauty company in Indonesia" ( Menjadi salah satu perusahaan kosmetikaterbaik di Indonesia )

--Misi PT Cakra Daya Makmur adalah:
" We are dedicated to present the quality and valuable products to our customers by continouslyKami berdedikasi untuk menghadirkan produkberkualitas untuk konsumen kami serta terus menerus meningkatkan dan berinovasimengembangkan produk kami sesuai dengan perkembangan pasar. Dengan brand yang kamimiliki akan membantu anda merasa lebih baik, berarti dan menarik.

Selain itu PT Cakra Daya Makmur juga memiliki motto, yaitu:
"The passion of beauty"
"improves and innovates our products according to market trend. With our brands we will help people feel good, meaningful and attractive "


Strategi Pemasaran:

Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :

faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat, faktor makro, yaitudemografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempat yang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“total Customer Statisfaction”). Kepuasan pelanggan sepenuhnya bukan berarti memberikan kepada apa yang menurut kita keinginan dari mereka, tetapi apa yang sesungguhnya mereka inginkan serta kapan dan bagaimana mereka inginkan. Atau secara singkat adalahmemenuhi kebutuhan pelanggan.

Ada hubungan erat antara mutu suatu produk dengan kepuasan pelanggan serta keuntungan industri. Mutu yang lebih tinggi menghasilkan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, sekaligus mendukung harga yang lebih tinggi danjuga biaya lebih rendah. Eksekutif puncak masa kini melihat tugas meningkatkan dan mengendalikan mutu produk sebagai prioritas utama, sehingga setiap industri tidak punya pilihan lain kecuali menjalankan manajemen mutu total (“Total Quality Management”).


Ada lima konsep pemasaran yang mendasari cara perusahaan melakukan kegiatan pemasarannya, yaitu:

A. Konsep Pemasaran Berwawasan Produksi

Konsep ini adalah salah satu konsep tertua, yaitu akan memilih produk yang mudah didapat danmurah harganya. Dalam hal ini memusatkan perhatiannya untuk mencapai efisiensi produksitinggi serta cakupan distribusi yang luas. Konsep ini dapat dijalankan apabila permintaanproduk melebihi penawarannya dan dimana biaya produk tersebut sangat tingi. Kelemahankonsep pemasaran ini adalah pelayanan tidak ramah dan buruk.

B. Konsep Pemasaran Berwawasan Produk

Konsep ini berpendapat bahwa pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerjaterbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baikdan terus menyempurnakannya. Industri yang berwawasan ini cenderung tidak memperhatikankeinginan dan kebutuhan dari pelanggan, sehingga divisi pemasaran akan mengalami kesulitandalam pemasaran.

C. Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual

Konsep ini berpendapat bahwa kalau pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industridalam jumlahcukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep iniberanggapan bahwa pelanggan engganmembeli dan harus didorong supaya membeli. Konsep ini sering digunakan pada “ Produk yang tidak dicari” atau tidak terpikiruntuk dibeli serta pada industri yang mengalamikelebihan kapasitas produksi.

D. Konsep Pemasaran Berwawasan Pemasaran

Konsep ini berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dankeinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripadasaingannya. Konsep berwawasan pemasaran bersandar pada empat pilar utama, yaitu
  1. pasar sasaran,
  2. kebutuhan pelanggan,
  3. pemasaran yang terkoordinir serta
  4. keuntungan.

Konsep ini telah dinyatakan dalam banyak cara :

  • Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
  • Temukan keinginan dan penuhilah
  • Cintailah pelanggan bukan produknya
  • Dapatkanlah sesuai kesukaan anda
  • Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu dan kepuasan tertinggi bagi uang pelanggan.

E. Konsep Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat

Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhkan, keinginan serta kepentingan pasarsasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankanatau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. Konsep pemasaran bermasyarakat memintapemasar untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam menentukan kebijaksanaan pemasaran, yaitu

  1. keuntungan industri jangka pendek,
  2. kepuasan pelanggan jangka panjang dan
  3. kepentingan umum dalam pengambilan keputusan.



Analisis:
Dengan teori dasar tersebut, maka dapat di analisis bahwa PT Cakra Daya Makmur menggunakan konsep pemasaran:
1. Berwawasan Produk
Dimana PT Cakra Daya Makmur akan selalu menawarkan mutu, kinerja terbaik dan inovatif untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya agar tidak mengecewakan pelanggan.

2. Berwawasan Pemasaran
Bahwa PT Cakra Daya Makmur ingin mencapai tujuan industri yang terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada saingannya. Konsep berwawasan pemasaran bersandar pada empat pilar utama, yaitu pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran yang terkoordinir dan keuntungan.

3. Berwawasan Masyarakat
PT Cakra Daya Makmur beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhkan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat.



www.cakradayamakmur.com
www.google.com
http://permanas.wordpress.com

1 komentar:

  1. How to bet on soccer odds, casino bonuses - DRMCD
    Betting is one of the best and most trusted 논산 출장샵 types of betting in Asia and 광주광역 출장샵 The reason 천안 출장마사지 why 시흥 출장마사지 bet365 is a major name among betting enthusiasts is 안양 출장안마 that

    BalasHapus